Cara hidup bahagia !

Cara hidup bahagia !

Dalam hidup, enggak ada hal yang instan. Contoh konkretnya, saat kita hendak makan, sebelum makanan lezat tersaji di meja makan, kita terlebih dahulu harus memasaknya. Hal ini juga berlaku pada harta kekayaan manusia. Sebelum menjadi seorang kaya raya, manusia harus mengalami jatuh-bangun hingga sekian kali sampai akhirnya perjuangan berbuah manis di kemudian hari. Nah, buat kamu yang udah masuk ke kisaran umur kepala dua, baiknya mulai niat dalam hati untuk menata hidup lebih baik. Nih, simak beberapa kiat yang kudu kamu lakuin biar kelak bahagia di hari tua.

  1. Merancang Keuangan
    Poin pertama yang perlu kamu lakukan adalah merancang keuangan. Keuangan merupakan instrumen penting yang menentukan makmur atau tidaknya hidupmu pada masa yang akan datang. Tanpa perencanaan keuangan yang baik, hidupmu akan selalu dekat dengan “boros” atau kamu bakal akrab sama “berfoya-foya”. Bikin rencana keuangan yang matang, pendapatan harus kamu sisihkan untuk pos-pos primer, sekunder, dan tersier. Jangan lupa jugabayar angsuranyang kamu punya, khususnya cicilan kendaraan bermotor. Di zaman sekarang ini, kamu bakal gampang banget kok dalam ngurusin bayar angsuran.
  2. Konsisten dengan Tujuan Hidup
    Salah satu alasan hidup di dunia adalah mencapai tujuan hidup. Sudahkah kamu mengetahui apa tujuan hidupmu? Sudahkah tahu apa tujuanmu bekerja? Tujuan hidup berkaitan dengan apa yang hendak kamu capai dalam jangka panjang. Misalnya, membeli kondominium, memiliki apartemen, punya mobil mewah, dan jalan-jalan ke luar negeri atau keliling dunia. Punya tujuan hidup yang jelas bakal bikin kamu selalu bersemangat untuk mewujudkannya.
  3. Enggak Usah Menyalahkan Orang Lain
    Usia 20-an merupakan usia yang sudah bisa dikatakan matang. Kamu seharusnya sudah bisa menentukan arah dan tujuan hidupmu. Saat kamu mengalami kegagalan, berhentilah menyalahkan orang lain. Apalagi kalau kamu sampai menyalahkan kedua orang tuamu.
    Semua keputusan ada di tanganmu. Orang tua hanya memberikan pandangan terbaik. Selebihnya, tergantung padamu. Mau mengabaikan pandangan tersebut atau mengambilnya. Jadi, mulailah menyalahkan diri sendiri dan lakukan koreksi untuk menjadi pribadi yang lebih baik.
  4. Jangan Terlalu Pusing dengan Omongan Orang Lain
    Kamu udah harus mandiri dan independen saat memasuki usia 20-an. Sifat manusia itu berbeda satu dengan yang lain. Bahkan, kamu dengan orang tuamu saja mungkin sering mengalami cekcok karena perbedaan pendapat, apalagi dengan orang lain?
    Kadang-kadang kita suka mengambil pusing apa yang dipikirkan orang lain terhadap kita. Pada usia 20-an, cobalah buang kebiasaan tersebut. Hal ini bukan berarti kamu mengabaikan semua perkataan mereka. Ambillah tanggapan positif agar dirimu lebih baik lagi dan buanglah tanggapan negatif yang hanya membuatmu terhambat.
  5. Jangan Sampai Kuota Internet atau Waktumu Terbuang Percuma
    Segala macam informasi tersedia di internet, baik tentang pekerjaan, bisnis, gaya hidup, juga finansial. Pada poin ini, kamu tidak harus berhenti menggunakan internet. Tapi, lebih bijak mengatur waktumu untuk duduk di depan gawai. Apalagi jika hal yang kamu lakukan tidak berguna. Menggunakan waktu berjam-jam di internet tidak akan sia-sia kalau dilakukan untuk menunjang aktivitas. Namun, akan terbuang sia-sia bila kamu gunakan hanya untuk main game, atau chatting membahas hal yang tidak ada sangkut pautnya dengan masa depanmu.
    Oke, semoga wawasan kamu mulai terbuka dan terkumpul niat di dalam sanubari untuk menjadi orang yang lebih baik. Semoga kelak kamu bakal sukses untuk menggapai mimpi kamu di masa depan dan jadi orang yang bahagia.
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *