Makanan kaki lima favorit orang Indonesia

Makanan kaki lima favorit orang Indonesia

Bukan rahasia lagi bahwa Indonesia memiliki kekayaan budaya dan spesialisasi kuliner yang tak terhitung banyaknya. Setiap daerah harus memiliki makanan ringan unik sendiri yang jarang ditemukan di daerah lain.
Uniknya, ada beberapa makanan yang bisa Anda temukan di mana saja secara tidak sengaja, makanan ini dijual di mana-mana. Dari akhir Sabang hingga Merauke, Anda dapat menemukan berbagai makanan ringan PKL semudah Anda membayar tagihan pascabayar melalui aplikasi seluler. Tidak hanya itu, harga terjangkau menjadikan camilan ini menjadi favorit bagi banyak orang. Apa pun?

  1. Nasi goreng
    Camilan ini selalu menjadi alternatif utama bagi orang Indonesia ketika perut mulai menggeram tetapi malas untuk memasak di rumah. Di daerah mana pun, Anda akan menemukan kereta keliling yang menjual nasi goreng. Dari satu porsi nasi goreng, Anda bisa mendapatkan karbohidrat dari nasi dan lauk lezat dalam bentuk telur goreng, irisan sosis, hingga sedikit irisan sayuran dan acar sebagai sumber serat dan vitamin.

Anda juga dapat memilih berbagai variasi porsi nasi goreng yang Anda beli. Kondisi dompet kering? Beli saja nasi goreng plus telur dadar atau telur dadar. Ketika rezeki berlimpah, Anda dapat memesan nasi goreng spesial yang berisi campuran makanan laut, beberapa potong daging kambing, daging ayam ditambah ati ampela, dan sosis. Salah satu yang tidak bisa diubah, rasa hangat dan legit dari kecap manis akan terasa di setiap mulut nasi goreng yang Anda beli, di mana pun Anda berada.

  1. Sate Madura
    Hidangan ini awalnya dijual sekitar setiap malam dengan membawanya. Seiring berjalannya waktu, pedagang sate mulai ‘mangkal’ atau menjual dengan gerobak. Sate yang ditawarkan biasanya berisi ayam dengan bumbu kacang tebal. Namun, Anda juga dapat membeli beberapa tongkat sate kambing yang lebih mahal disajikan dengan kecap manis pedas.

Satu porsi sate Madura yang dijual biasanya berisi 10 tusuk sate ditemani sepiring nasi. Jika Anda tidak suka nasi, Anda dapat meminta kue beras yang akan dipotong kecil oleh penjual sebelum disajikan. Untuk tingkat kepedasan, penjual sate juga menyediakan saus sambal yang akan diaduk bersama dengan rempah-rempah. Acar kecil yang berisi potongan kecil mentimun, wortel, bawang merah, dan cabai rawit juga disediakan sebagai penyegar lidah dari saus kacang tebal dan manis.

  1. Bakso
    Cemilan ini pasti tidak asing lagi dengan lidah orang Indonesia. Bakso dijual dengan kereta dan sangat mudah ditemukan di mana-mana. Sebagian besar bakso yang dijual di Indonesia terbuat dari daging, lemak, dan urat yang diolah dengan sedikit campuran tepung dan tepung. Jadi, warna bakso yang dijual cenderung lebih pucat dan kenyal daripada bakso daging pada umumnya.

Bakso Indonesia dijual dalam campuran kaldu hangat. Sebagai campuran, Anda dapat memilih mie kuning, mie putih (mie beras), dan sayuran seperti sawi dan tauge. Jika Anda membutuhkan lebih banyak asupan karbohidrat, Anda dapat memesan bakso yang disajikan dengan paket mie instan. Seperti bakso dengan saus pedas, Anda bisa meminta sambal yang selalu disediakan oleh penjual.

Selain nasi goreng, sate Madura, dan bakso, tentu masih banyak pedagang kaki lima yang mudah ditemukan di Indonesia. Rasa yang tidak pernah berubah membuat makanan jalanan ini sangat dirindukan, terutama ketika Anda berada di luar negeri. Apa yang kamu sukai?

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *